Kita dan ..

Archive for the ‘Homeschooling My Kids’ Category

Bismillah..

 

Kali ini dapet tugas buat desain pembelajaran..

Bacground guru membuat saya otomatis mengerti bagaimana membuat desain ini..

tapi bedanya adalah

 

Sewaktu kuliah itu saya kakuu banget buat desain..

Saya buat gimana saya aja.. teori multiple intelegence udah dimasukkin.. tapi tetap ada yang saya lupakan..

walaupun teori keberagaman kecerdasan anak itu udah melingkupi semua aspek yang ada pada setiap siswa..

saya lupa satu hal..yaitu OBSERVASI.

Dulu saya menyamaratakan semua siswa, pokoknya mereka harus ikut guideline saya. Ga ikut.. ya saya tegur gitu.

Seharusnya di awal saya obeservasi dulu apa yang mereka harapkan, mereka suka dan mereka mau dari setiap pembelajaran sehingga ga ngebosenin.

Ibarat kita mau ngerjain sesuatu tapi kalo ga suka kan jadi ga dapet semangat belajarnya.

Seperti kata kata yang saya dapatkan pada materi ini, MEMBUAT BISA ITU MUDAH TAPI MEMBUAT SUKA ITU TANTANGAN.

jadi tugas saya dalam membuat desain ini adalah bagaimana membuat anak saya sebagai subjek saya agar suka belajar.

Agar anak saya suka dengan desain pembelajaran yang saya buat, saya harus tau

  1. Aktivitas yang sering dia lakukan berulang ulang
  2. Antusias anak dalam aktivitas apa aja
  3. Apa yang sering dia tanyakan dan ceritakan

Jadi mulai sekarang, saya harus bisa  sempat mencatat apapun yang anak anak  lakukan serta antusiasnya, suka atau tidak suka.

Ketika saya dapat poin apa yang dia minati, saya bisa menyelipkan banyak hal yang dia suka ke dalam aktivitas pembelajaran.

Sehingga belajar seperti tidak belajar.

Belajar bukan karena terpaksa, karena dia mau dan dia suka.

Siap siap buat portofolio anak nih…

Sekian

 

 

 

 

 

Iklan